Senin, 23 September 2013

Frame pada Halaman Web

Frame pada sebuah halaman web merupakan sebuah tempat untuk meletakkan atau menampilkan informasi tertentu. Biasanya frame ini digunakan untuk menampilkan sebuah hyperlink, akan tetapi informasi dari hasil link tersebut tetap bisa dilihat pada halaman tersebut. Dengan kata lain frame merupakan area yang dibuat untuk menyatukan halaman yang berbeda. Kenapa frame ini dibuat mungkin salah satu tujuannya untuk mempercepat waktu akses/loading untuk membuka suatu halaman web.

Di internet mungkin kita pernah menjumpai sebuah situs yang berisikan banyak informasi, tetapi setiap kita akses melalui tombol tertentu informasi dapat dilihat di halaman tersebut tanpa berpindah atau menutup halaman itu sendiri. Apabila yang terjadi demikian, mungkin salah ssatunya menggunakan teknik frame ini. Frame memungkinkan satu halaman web atau lebih bisa ditampilkan pada sebuah jendela browser saja. Bentuk dasar frame bisa berupa kolom dan bais. Untuk membuat frame dalam bentuk kolom, gunakan tag <frameset> dan berikan atribut cols serta berikan nilai pada atribut cols tersebut. Sedangkan untuk membentuk frame dalam bentuk baris atribut yang digunakan adalah rows dan berikan nilai pada atribut rows tersebut. Nilai atribut baik cols maupun row diukur dalam satuan % (persen).

Berikut adalah aturan penggunaan Frame pada Halaman Web :

Sebagai contoh, berikut format penggunaan frame pada HTML :



1. Border Pada Frame

Border merupakan pemisah antar frame yang satu dengan yang lainya.Untuk memberikan border dan menghilangkan border, Atribut yang digunakan adalah <border>. apabila tidak memberikan atribut border, artinya frame yang dibuat secara otomatis muncul adanya border hal ini dianggap border = ”1”. Sedangkan apabila tidak menghendaki adanya pemisah antarframe, tambahkan border = “0” pada tag <frameset>.

Contoh :


2. Scrolling Pada Frame

Scrolling merupakan tombol penggulung yang muncul secara otomatis apabila informasi yang ada terlalu panjang untuk dapat ditampilkan dilayar. Keberadaan scrolling pada frame bisa dihilangkan.

Contoh:


3. Penggunaan Noresize

Pada pembuatan frame secara standar, ukuran frame yang ditampilkan di browser dapat dirubah-rubah sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Jika anda berkeinginan agar frame tidak dapat dirubah ketika ditampilkan pada browser, anda bisa menambahkan atribut noresize pada tag <frame>.

Contoh :


Sekian mengenai Frame pada Halaman Web.

0 komentar:

Posting Komentar