Rabu, 04 September 2013

Belajar Tag Dasar HTML

HTML (Hyper Text Markup Languange) adalah salah satu bahasa pemrograman web yang digunakan untuk menterjemahkan perintah-perintah tertentu ke dalam bahasa yang akan dibaca oleh browser. Dalam HTML, terdapat beberapa elemen-elemen dasar yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh mengenai HTML ini. Elemen tersebut terdiri dari tag <HTML> , <HEAD> , dan <BODY> . Setiap elemen dasar tersebut memiliki fungsi tersendiri. Tag <HTML> merupakan tag yang digunakan sebegai penanda mulai dan berakhirnya dokumen HTML. Tag <HEAD> merupakan bagian yang berisi mengenai bagian atas/kepala suatu web. Dalam tag ini juga dapat diisi atribut <TITLE> . Selanjutnya, terdapat tag <BODY>. Tag ini berfungsi sebagai tempat menambahkan isi dari sebuah website.

1. HTML

Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan satu keharusan bagi pemrogram web untuk menulisnya sebagai tag pertama dalam dokumen HTML.


2. HEAD

Merupakan tag berikutnya setelah <HTML> untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan.
 

3. TITLE

Merupakan tag di dalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul / informasi pada caption browser web tentang topik atau judul dari dokumen web yang ditampilkan dalam browser.


4. BODY

Merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan di dalam browser harus dituliskan.

5. Paragraf

Informasi yang disajikan dalam dokumen harus mengikuti kaidah-kaidah dalam penulisan. Misalnya satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf.

Setiap paragraf harus dimulai dengan memberikan tag <p>. Di akhir paragraf tidak diharuskan menuliskan </p> sebagai akhir paragraf, karena tag <p> tidak didefinisikan mempunyai tag akhir. Setiap pergantian paragraf harus dimulai dengan <p> kembali.



6. Line Break

Kita dapat memaksakan ganti baris pada dokumen web. Ganti baris disini dimaksudkan hanya menyajikan informasi pada baris sendiri tetapi tidak berganti paragraf. Untuk menampilkan suatu teks ditampilkan pada baris yang baru dalam suatu paragraf, maka harus digunakan tag <br> sebelum teks yang dimaksud tersebut dituli

7. Heading

Teks dalam dokumen umumnya mempunyai judul topik, pada dokumen HTML judul ini disebut heading. Heading tulisan akan ditampilkan dengan huruf yang lebih besar atau ditebalkan. Heading juga dimanfaatkan untuk menunjukan tingkat keberartian dari teks yang akan dituliskan.

Ada 6 tingkat heading dalam HTML, dinomori dari satu sampai dengan 6. Nomor 1 merupakan heading yang terbesar. Setiap heading dalam dokumen harus diberi tag, tergantung pada kebutuhan/ keberartian teks tersebut, jika dianggap sangat penting kita bisa menganggap sebagai heading 1 – digunakan tag <h1>.


8. Mengatur Letak Heading

Tag Heading mempunyai atribut yang digunakan untuk mengatur letak heading dalam baris - align. Alignment heading:
  • Kiri - Left
  • Tengan - Center
  • Kanan - Right

9. Garis Horizontal

Sebuah garis dapat disisipkan dalam dokumen web, umumnya digunakan sebagai pemisah antar bagian atau paragraf. Tag <hr> disisipkan pada tempat garis akan disisipkan dalam dokumen.


10. Komentar

Dalam suatu dokumen web, kita bisa menambahkan catatan atau komentar terhadap suatu bagian. Catatan.komentar ini tidak ditampilkan di browser. Komentar disisipkan pada section body, diletakkan pada bagian teks dokumen yang memang perlu dikomentari. Komentar ini umumnya sebagai catatan untuk menyajikan dokumen pada masa yang mendatang. Cara menambahkannya cukup dengan menggunakan tag <!-- di awal komentar dan tag --> di akhir komentar.



Sekian mengenai Belajar Tag Dasar HTML .

0 komentar:

Posting Komentar